Judul : Mengenal Google Webmaster Tools dan Google Analytics
link : Mengenal Google Webmaster Tools dan Google Analytics
Mengenal Google Webmaster Tools dan Google Analytics
Bagi pemula yang bingung apa itu Google Webmaster Tools (GWT) dan apa itu Google Analytics (GA). Apakah keduanya sama atau berbeda? Bahkan, ada yang sama sekali belum paham apa itu GoogleWebmaster Tools dan Google Analytics.
- Crawl: Bagaimana mesin pencari melihat isi dalam sebuah website (melakukan crawl/penelusuran ke semua yang ada di mesin website). Crawl/penelusuran
merupakan sebutan dari tingkah laku mesin pencari ketika membaca konten
yang ada di sebuah website. Jadi, melalui fitur Crawling ini, kita
dapat mengatur bagaimana Google melakukan penelusuran terhadap website
kita. - Link: Selain
pemilik website dapat mengetahui jumlah link yang ada di websitenya,
Google Webmaster Tools juga akan memberikan informasi apakah semua link
(baik internal link ataupun eksternal link) yang ada di sebuah website
masih berjalan baik atau tidak, sehingga pemilik website akan dapat
segera memperbaiki jika terdeteksi adanya kesalahan. - Configuration:
GWT ini juga akan memberi informasi penting seputar website kepada
pemiliknya seperti sitemaps, target pengunjung, dan Pengaturan URL
(configuration). Semua ini sangat erat kaitannya dengan upaya pemenangan
Search Engine Optimization (SEO). - Diagnostic problems:
GWT akan menginformasikan kepada pemiliknya jika website tersebut
terindikasi adanya infeksi malware. Dalam hal ini, pemilik website akan
mendapatkan informasi mengenai apa-apa saja yang perlu diperbaiki pada
website, agar website tersebut tidak diblokir oleh Google. Selain itu,
GWT ini juga dapat menunjukkan kesalahan HTML seperti duplicate meta,
long description meta, dan lain – lain.
- Visitors: Menu Visitor memperlihatkan informasi
dengan lebih detail tentang berapa banyak pengunjung website dalam
sehari, jumlah pengunjung unique, jumlah pengunjung bounce (pengunjung
yang datang lalu pergi), dan lain sebagainya. Pemilik website juga dapat
mengetahui data dari mana pengunjung yang datang ke websitenya. - Traffic:
Pemilik website bisa mengukur kata kunci apa saja yang paling banyak
digunakan oleh pengunjung yang mengunjungi website. Dari data tersebut,
dapat dibuat strategi yang diperlukan seperti digunakan untuk membuat
materi promosi. - Habit: Pada fitur ini, pemilik /
pengelola website dapat mengamati kebiasaan pengunjung website.
Misalnya ketika ada pengunjung yang masuk ke salah satu halaman website,
maka pengunjung tersebut akan membuka halaman apa lagi? - In-Page:
Fitur ini memiliki fungsi untuk mengetahui berapa persentase halaman
dari website yang paling sering dibuka dan berapa persentase link yang
diklik. Hal ini sangat berguna dalam membuat konten yang user dan SEO
friendly agar pengunjung yang datang ke website bisa terarah sesuai yang
diinginkan. Saat ini sudah ada fitur live report di dalamnya. Jadi
pemilik website bisa mengetahui pengunjung website Anda secara real
time.
Google WebMaster Tool.
Dimana WebMaster bagaimana situs website Anda dilihat di search
engine dapat dilihat dari sudut pandang robot di Google . WebMaster Tool
ini merupakan tool gratis dari Google yang memiliki fitur yang dapat
melakukan perbaikan pada sebuah website seperti:
- Crawling, dengan crawling Anda dapat mengetahui bagaimana
Google memperlakukan crawl terhadap website yang Anda buat, melaui page
ini Anda dapat memberikan informasi terhadap Google tentang page mana
yang Anda ingin tampilkan ke search engine. - Link, di fitur ini Anda dapat memperoleh informasi
mengenai berapa jumlah link internal maupun eksternal yang ada di
website Anda. Anda juga langsung bisa memperbaiki link tersebut jika
mengalami kesalahan. - Confiiguration, Anda dapat memberi informasi penting tentang sitemaps, target pengunjung, pengaturan URL. Semua itu berkaitan erat dengan SEO.
- Diagnostic Problems, Di fitur ini Anda dapat memberikan
pemberitahuan kepada search engine apabile webiste Anda terindikasi oleh
malware. Disini lah Anda informasi mengenai apa saja yang perlu
diperbaiki di website Anda yang terinfeksi dengan malware.
Google Analytics.
Meskipun ada yang berbayar, tapi ada juga Google Analytics yang
gratis. Dan terdapat fungsi/manfaat yang sangat berbeda dengan
WebMaster. Google Analytics mampu memberikan informasi tentang kebiasaan
sehari-hari pengunjung berselancar di website Anda. Informasi ini dapat
digunakan untuk mem-planing langkah apa saja yang harus diambil
selanjutnya. Fitur-fitur yang tersedia di Google Analytics:
- Visitor(Pengunjung), dengan tool ini Anda dapat memdapatkan informasi tentang secara detail jumlah pengunjung yang mampir ke website Anda.
- Traffic, Anda bisa mengukur keyword apa saja yang paling
populer digunakan oleh pengunjung. Dara informasi yang Anda dapatkan
itu, Anda bisa mem-planign keyword yang diperlukan sebagai materi
promosi. - Habit, website Anda dapat mengamati kebiasaan pengunjung yang berselancar di webiste Anda.
- In-page, Anda dapat mengetahui persentase halaman dari page
yang sering dibuka oleh para pengunjung website Anda dan juga link yang
sering di klik oleh pengunjung. Saat ini sudah ada fitur live report di
dalamnya.
Demikianlah Artikel Mengenal Google Webmaster Tools dan Google Analytics
Sekianlah artikel Mengenal Google Webmaster Tools dan Google Analytics kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Mengenal Google Webmaster Tools dan Google Analytics dengan alamat link https://ismailzaleha.blogspot.com/2021/03/google-webmaster-tools-dan-google.html